Saturday, October 26, 2019


Review jurnal analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan.



MEMBUAT RINGKASAN DAN ULASAN DARI MATERI PEMBAHASAN ATAU TUGAS PERTAMA (REVIEW)


Judul
Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan
Jurnal
 Administrasibisnis.Studentjournal.Ub.Ac.Id
Volume & Halaman
 Vol. 29 Issue 7
Tahun
2009
Penulis
Fandi Ahmad Munadi, Fakultas Ekonomi, Mahasiswa Gunadarma Tahun 2009
Reviewer
Arini S
Tanggal
23 Sep 2019

Abstrak
Supaya konsumen tidak beralih kepada perusahaan lain, maka perusahaan dituntut untuk lebih memahami keinginan dan kebutuhan konsumen dan mampu menciptakan produk baru sesuai dengan kebutuhan konsumen. Selain itu, diperlukan juga suatu pemasaran yang baik (Supariyani, 2004). Dengan pemasaran produk yang baik akan meningkatkan penjualan dan merebut pangsa pasar. CV. Turangga Mas Motor merupakan salah satu dealer yang menjual produk motor-motor Suzuki, seperti motor Suzuki Shogun, motor Suzuki Smash, motor Suzuki Satria F, motor Suzuki Sky Wave, motor Suzuki Thunder, motor Suzuki Sky Drive, dan motor Suzuki Spin, mengalami suatu masalah dengan penurunan tingkat penjualan pada produk motor yang dijualnya. Hal ini disebabkan oleh strategi pemasaran yang kurang baik. 
Pengantar
Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat dan modern, akan memberikan dampak yang positif bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang industri, penjualan dan jasa. Namun demikian, perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang tersebut akan mengalami suatu persaingan yang sangat ketat dengan perusahaan yang mengeluarkan produk yang sejenis. Oleh sebab itu, agar perusahaan dapat tetap bersaing dengan perusahaan lain yang mengeluarkan produk sejenis dan produk subsitusi, maka manajemen perusahaan harus mampu mengelola perusahaannya dengan baik.
Metode Penelitian
Metodologi yang dilakukan oleh peneliti adalah melalui metode pengumpulan data berupa studi lapangan yang dilakukan untuk mendapatkan data yang akurat dengan melakukan :
1. Observasi
Peneliti melakukan pengamatan langsung ke objek penelitian.
2. Interview
Peneliti melakukan interview dengan pihak CV Turangga Mas Motor, yaitu dengan Ibu Ismanti yang menjabat sebagai Branch Head (Kepala Cabang) CV Turangga Mas Motor. Interview dilakukan secara terstruktur (terbuka), artinya peneliti sudah terlebih dahulu membuat konsep pertanyaan yang dapat dijawab secara bebas oleh interviewee (pemberi informasi dan data). Peneliti juga melakukan wawancara dengan konsumen CV Turangga Mas Motor.

Kesimpulan
Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh penulis, maka dapat disimpulkan bahwa :
1. Dari analisis matrik BCG, CV Turangga Mas Motor berada dalam kuadran stars, strategi pemasaran yang dapat digunakan adalah dengan melakukan investasi dan bekerja sama dengan pemasok untuk membuka cabang CV Turangga Mas Motor di lokasi lain dan melaksanakan upaya meminimalkan biaya dan operasi yang tidak efisien agar tetap mempunyai cash flow yang kuat.
2. Dari analisis SWOT diketahui nilai ST, strategi yang dapat digunakan adalah dengan terus meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan dan dengan membangun gudang tempat penyimpanan motor-motor suzuki yang siap dijual. Nilai W>T, strategi yang dapat digunakan adalah dengan terus meningkatkan kegiatan-kegiatan promosi dan dengan meminimalkan biaya dan operasi yang tidak efisien.


Terimah kasih telah berkunjung di blog ini. Semoga bloag ini menyampaikan banyak manfaat dan membantu teman-teman. 

No comments:

Post a Comment